Sunday, November 3, 2013

What I Feel About Angklung

kalian pasti tau angklung kan? yah, setidaknya orang luar jawa pasti pernah denger. Orang luar negri aja tau :p hahaha. Angklung itu sendiri adalah alat musik tradisional dari jawa barat yang terbuat dari bambu. and I love it.

Entah kenapa, disaat orang orang memilih musik modern (such as gitar, or whatever) gue lebih perfer ke angklung. I dont know why. Beneran sukaaaa banget. Dari SD, ikutan ekskul cuma angklung. masuk SMP angklung lagi. Nah, SMA gue sedih banget, gak ada eskul angklung (karena di SMA gue dulu kalo mau ada kelas ekskul harus min. 15 orang) tapi syukurlah pas naik kelas 2 aku dan temen temen ngumpulin orang buat ngadain kelas angklung dan akhirnya terwujud.
Yang lebih mengejutkan, pas jadi mahasiswa pun aku masih ikut angklung. Hahaha. Sampe ayahku aja bilang, "Kamu gak bosen bosen apa?" dan dengan singkat padat dan jelas gue jawab "enggak."

Apa yaaah, angklung itu sesuatu gitu. Gue sendiri emang suka musik. Well, yah, waktu SD mamake pernah ngelesin gue di RMHR, buat les piano. Kenapa piano? karena cuma piano yang disediain disana (gak harus bawa sendiri) *ya kali mau les piano bawa piano masing-masing*  dan dirumah dulu punya keyboard *yang sekarang gak tau dimana). Dulu sih, pengennya main biola...tapi tidak mampu buat beli biola *sedih

baru beberapa kali les, langsung keluar. Suka sih, tapi akunya gak punya passion disitu. Dan ketemu lah angklung. Langsung jatuh cinta pada pandangan pertama.

Entahlah, suara angklung tuh enaaaak banget. Aku suka aja, main lagu tapi pake angklung. Terus, angklung itu pasti mainnya barengan. jadi asyik. Terus, entah kenapa, aku suka banget tampil di panggung atau di depan banyak orang pas main angklung. Gak tau kenapa. Kayaknya emang passionku disini.

Angklung itu beneran ajaib. Angklung yang bisa bawa gue ke luar negri. Waktu tahun 2007, gue bisa pergi ke Malaysia dan Singapore untuk workshop angklung dan pada tahun 2013 *baru banget nih* gue bisa pergi ke Korea untuk workshop angklung juga :) see? bener-bener ajaib kan.

Gak tau kenapa ya, aku tuh lebih suka ke luar negri itu dengan misi budaya. Gak cuma jalan-jalan doang. Gue tuh pengen tampil, pengen nunjukin ke orang orang luar negri, "ini loh, angklung! ini loh, alat musik tradisional jawa barat. Ini ori dari Indonesia loh.". Yah, gak cuma angklung aja, tari misalnya.

Sekedar advice aja *cailaaah* coba deh, yang sekiranya suka bulak balik ke luar negri buat liburan, bisa dimanfaatin sambil mempromosiin indonesianya juga dong~ yah, setidaknya sambil menyelam minum air atau sekali mendayung 2 3 pulau terlampaui. hehe.
Nah, buat yang pengen banget nih jalan jalan ke luar negri, coba ikutan deh komunitas komunitas seni tradisional gitu. Mereka sering banget loh bulak balik luar negri. eh, dan jangan salah. gausah ngeluarin duit. pasti dibayarin sama yang ngundang kita, atau sponsor.

Kalo bisa sih, lewat angklung aja :)
Aaaah~ seneng deh main angklung itu~ walaupun pegel-pegel tapi seneng. Jadi, tertarik untuk main angklung? ;)

No comments:

Post a Comment